Tips Bloger, Trik, dan Informasi

Cara Instalasi Aplikasi Dapodik 2017

Sebelum memulai Instalasi ada hal-hal yang perlu harus dipersipkan terlebih dahulu.

a. Persiapan Instalasi

a. Kode registrasi dan Akun Petugas Pendataan
Sebelum memulai proses instalasi aplikasi Dapodik Versi 2017, petugas pendataan harus memastikan telah memiliki kode registrasi dan Akun Petugas Pendataan yang akan digunakan dalam proses instalasi.

b. Unduh Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik V.2017 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2017, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
2) Klik menu "Unduh" dan klik Installer Dapodik Versi 2017 seperti di bawah ini, lalu simpan di lokal komputer/laptop.

Klik menu "Unduh" dan klik Installer Dapodik Versi 2017 seperti di bawah ini, lalu simpan di lokal komputer/laptop.


c. Generate Prefill Aplikasi Dapodik

Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file *.prf). Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.
Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah pengguna berhasil login menggunakan username, password, dan kode registrasi Dapodik sekolah yang aktif.

d. Pengaturan waktu pada komputer

Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan waktu pada komputer. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar.

e. Program pengamanan dinonaktifkan
 
Agar proses instalasi aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan lancar, beberapa program pengamanan perlu dinonaktifkan, contohnya:

1) Deep Freeze: harus dinonaktifkan.

2) Antivirus yang membuat service database tidak berjalan sebagaimana seharusnya misalnya Avast, Avira, Symantec, Antivir harus dinonaktifkan atau dihapus. Antivirus yang disarankan adalah Windows Defender atau Microsoft Essentials. Antivirus ini dapat diunduh di laman resmi Windows dan tidak berbayar.

3) Windows Firewall dinonaktifkan jika ingin menggunakan entri data dengan menggunakan jaringan.

f. Menyiapkan Kode Registrasi Aplikasi Dapodik

Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN. Kode registrasi didapat dari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK)

Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik

Setelah semua tahapan persiapan instalasi dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi dengan menjalankan file full installer yang telah diunduh. Panduan ini menggunakan aplikasi dapodik V.2017. Proses instalasi dengan status normal akan berlangsung cukup lama yaitu sekitar 15 menit. Selengkapnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1) Siapkan file installer yang sudah diunduh. Sebelum melakukan instalasi, sangat disarankan untuk menutup program lainnya.

2) Klik ganda file installer, jika muncul security warning, pilih “Yes” atau untuk komputer dengan sistem operasi windows dengan versi tertentu, klik “Run Anyway”.

3) Selanjutnya akan ditampilkan tampilan jendela aplikasi Dapodik, pilih “Lanjut”.

4) Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih “Saya Setuju” dan klik “Lanjut”.

5) Selanjutnya pada jendela “Pilih lokasi tujuan” dan secara default otomatis akan mengarahkan lokasi instalasi di “C:\Program Files(x86)\Dapodik”. Pilih “Lanjut”.

6) Pilih folder Start Menu. Secara default, sistem akan otomatis mengisi “Dapodik”. Pilih “Lanjut”.

7) Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.

8) Proses instalasi aplikasi Dapodik sedang berjalan. Tunggu hingga proses pemasangan ini selesai.

9) Untuk mengakhiri proses pemasangan aplikasi Dapodik, klik “Selesai”.

10) Setelah proses instalasi maka akan muncul ikon aplikasi Dapodik di halaman desktop. Klik ganda pada ikon untuk membuka aplikasi.

SELAMAT APLIKASI DAPODIK 2017 SUDAH TERINSTAL

Labels: Operator Dapodik

Thanks for reading Cara Instalasi Aplikasi Dapodik 2017. Please share...!

0 Comment for "Cara Instalasi Aplikasi Dapodik 2017"

Back To Top