Tips Bloger, Trik, dan Informasi

Cara Memecahkan Soal-soal Olimpiade Matematika SD

Banyak dimata anak-anak mengatakan kalau matematika itu merupakan mata pelajaran yang paling sulit diantara mata pelajaran yang lain. Kenapa yaa....?

Padahal kalau kita kenal lebih jauh menurut saya matematika itu adalah menyenangkan. Apalagi untuk soal – soal olimpiade tentu akan lebih tertantang untuk memecahkannya. Disinilah sebenarnya pikiran kita dilatih untuk berpikir cermat, kritis, dan dialogis.

Soal Olimpiade

Ada hal penting yang seharusnya dilakukan agar bisa menjawab ataupun memecahkan masalah yang ada pada soal-soal yaitu analisislah soal tersebut sebelum mengerjakan, dimana letak permasalahannya ? Apa sumber masalahnya? (syarat konsep hitung harus sudah dikuasai dengan benar). Setelah dapat akar permasahannya barulah tentukan setrategi untuk menyelesaikannya.

Disini ada beberapa setrategi yang bisa dilakukan adalah :

Strategi Menggunakan Pola

Contoh soalnya :
Agus menuliskan bilangan sebagai berikut: 2, 5, 10, 17, ... Berapakah bilangan ke 10 yang ditulis Agus?

Strategi Menggunakan Gambar

Contoh soalnya :
Diparkir terdapat mobil dan sepeda motor setelah dihitung jumlah rodanya 46 buah. Jika jumlah mobil dan sepeda motor yang diparkir 16 buah berapa banyaknya mobil dan berapa banyaknya sepeda motor?

Strategi Menggunakan Tabel.

Contoh soalnya :
Dalam sebuah pesta terdapat 8 orang tamu. Jika mereka bersalaman, berapa kali salaman yang terjadi dalam pesta itu?

Strategi Kerja Mundur.

Contoh soalnya :
Ketut berangkat dari Denpasar ke Amlapura memerlukan waktu 1 jam 45 menit dengan istirahat diperjalanan selama 30 menit. Jika ia tiba di Amlapura pukul 10.00 pukul berapa Ketut berangkat dari Denpasar?

Strategi Kalimat Matematika.

Contoh soalnya :
Seorang anak ulangan sebanyak 5 kali. Setelah dihitung rata-rata = 7,5. Jika nilai ulangan yang pertama tidak dihitung maka rata-ratanya menjadi 8. Berapakah nilai ulangan yang pertana itu?

Strategi Tebak dan Periksa.

Contoh soalnya :
Mia membawa empat lembar uang lima puluh ribuan. Ia ingin mendapat 1 lembar uang ratus ribuan dan sejumlah uang yang sama lembaran lima ribuan dan seribuan secara berpasangan sisanya beberapa lembar puluh ribuan. Tentukan pasangan paling banyak lembaran lima ribuan dan seribuan yang didapat?

Artikel terkait lainnya yang wajib baca :
Soal Olimpiade Matematika
Soal OSN Guru SD

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Cara Memecahkan Soal-soal Olimpiade Matematika SD. Please share...!

4 Comment for "Cara Memecahkan Soal-soal Olimpiade Matematika SD"

bodok nasi kumanahah damang

opo ra eman duite gawe tuku banyu setan

Back To Top