Tips Bloger, Trik, dan Informasi

Berbagi Pengalaman Pelaporan BOS

BOS sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat apalagi oleh guru-guru. Penggunaan dana BOS haruslah sesuai dengan juknisnya klik disini. Apa – apa yang boleh dibelanjakan sudah diatur di dalamnya.

Termasuk bagaimana nanti mempertanggung jawabkan. Bagi kaum guru yang belum mengerti tentang bagaimana mebuat pelaporanya memang akan menjadi beban pikiran.

Tapi menurut saya Wajar aja karena memang bukan ahlinya guru dalam membuat hal – hal yang seperti itu. Apa mau dikata itu tidak bisa dihindari mau tidak mau harus dilaksanakan terutama bagi sekolah yang tidak mempunyaiTU ataupun pegawai yang mengurusi masalah BOS, jadi guru harus bertindak sebagai bendaharnya. Terutama yang SD dong.......

Pengalaman bendahara BOS
Untuk itu pada tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai pelaporan BOS. Karena dalam pertanggung jawabannya nanti tentu tidak lepas dari :

1. Buku Kas Umun (BOS K-3)

2. Buku Pembantu KAS (BOS K-4)

3. Buku Pembantu Bank (BOS K-5)

4. Buku Pembantu Pajak (BOS K-6)

Yang ingin saya bagikan disini  adalah Format BOS yang empat diatas, dimana format tersebut sudah saya buat sedemikaian dalam bentuk excel. Sudah di seting sedemikan sehingga akan dapat mempermudah dalam membuatnya. Dimana setingan itu sudah saya protect sehingga kemungkinannya tidak bisa dirubah.

Adapun keunggulan format yang sudah saya buat ini adalah :

  1. Penjumlahannya sudah secara otomatis terisi ( NB: lakukan verifikasi ulang untuk meyakinkan jumlah angkanya dengan cara melakukan drag dari baris ke-2 sampai kebawah)
  2. Saldo yang ada di Buku Kas Umum akan otomatis terisi di Buku Umun lainnya. ( misal ada saldo di Buku Kas Umun bln Januari maka akan otomatis juga terisi saldo di Bulan Pebruari
  3. Sedikit aja ada kesalahan dalam memasukkan data transaksi maka akan ada tanda koreksi yaitu tulisan Cek Kembali. Sehingga dapat mengetahui kesalahan lebih dini.
  4. Tentu bekerjanya akan lebih cepat dan kebenarannya nanti menjadi lebih yakin.

Para pembaca yang terhormat. Itu yang dapat saya bagikan mudah-mudahan ada manfaatnya dan formatnya mudah-mudahan juga sama seperti yang ada di daerah bapak dan ibu sekalian.

Dengan kemurahan hati pula saya berharap jika ada yang mempunyai aplikasi atau cara yang bisa lebih mudah dalam membuat pelaporan BOS tolong di bagikan. Toh ini juga demi kelancaran Pendidikan Bangsa Indonesia ini.

Untuk mendonwload formatnya silahkan klik link donwload Buku Kas.
NB :

  • memang pernah baca si ada sofwer gratisan tapi saya belum pernah nyoba, kalau ada yang pas tolong dibagi juga ya
  • Yang sudah berpengalaman tolong BERBAGI infonya

 TERIMAKASIH

3 Comment for "Berbagi Pengalaman Pelaporan BOS"

Back To Top